Sambutan Direktur GIIS

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Alhamdulillahirobbil’alamin, Sujud Syukur kami kepada Allah SWT.
Salam kami selalu bagi Nabi dan Rasulullah Muhammad SAW.

Pertama-tama kami ucapkan Selamat Datang siswa/i Sekolah Islam Terpadu “GLOBAL INSANI” orang tua/wali murid serta pihak-pihak yang berkenan  berkunjung di website resmi Global Insani.

Kami keluarga besar Global Insani bersyukur, karena atas izin  dan ridho Allah SWT kami dapat menyediakan website ini. Semoga dengan kehadiran Website ini diharapkan mampu memberi warna pada dunia  pendidikan, mulai dari transparansi publik, informasi pendidikan tentang kegiatan belajar dan mengajar serta informasi lain yang relevan dengan perkembangan pendidikan khususnya di sekolah Global Insani.

Semoga hal ini akan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh keluarga besar Global Insani, stake holder maupun khalayak umum lainnya yang memiliki komitmen terhadap dunia pendidikan untuk memanfaatkan media ini sebagai sarana penyampaian/memperoleh informasi tentang sekolah Global Insani.

Sekolah Global Insani atau Global Insani Islamic School atau lebih dikenal dengan “GIIS” merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan islam mulai dari tingkat Kelompok Bermain (KB), Taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilandasi dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi, memusatkan perhatian pada upaya mencetak generasi islami yang unggul dan sanggup bersaing dengan kebutuhan dan tantangan zaman.

Sebagai sekolah yang sudah menjalankan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah diberlakukan sesuai dengan Peraturan menteri Pendidikan Nasioanal nomor 24 tahun 2006, maka Global Insani Islamic School sudah mendisain kurikulum yang ada dengan mengedepankan karakter.

Untuk menjadi sekolah yang berkarakter, tidak cukup hanya visi, misi dan tujuan. Untuk lebih konkritnya, ada landasan kedua yang harus dimiliki, yaitu komitmen, motivasi dan kebersamaan.

Tujuan merupakan apa yang akan dicapai/dihasilkan oleh sekolah dan kapan tujuan akan dicapai. Untuk tujuan ini dijabarkan dalam sebuah rencana strategi sesuai dengan waktu pencapain program.

Komitmen menurut bahasa diartikan sebagai bentuk perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu, atau dengan bahasa yang lain adalah keikutsertaan dalam mewujudkan sesuatu yang diharapkan.

Motivasi adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi juga diartikan sebagai usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok tertentu melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang hendak dicapai.

Kebersamaan adalah hal yang sifatnya bersama, artinya semua orang yang terlibat dalam membangun sekolah memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama selanjutnya mempunyai motivasi dan komitmen bersama untuk mewujudkan tujuan yang diharapkan.

Sebagai pilar utama untuk mewujudkan sekolah berkarakter, ada tiga hal :

  1. Pembangunan Watak, kepribadian dan moral mengacu pada perilaku Rasullallah Muhammmad SAW. Sebagaimana Firman Allah dalam surat Al-Qalam : 4 yang artinya “ sesungguhnya Engkau Ya Muhammad seorang yang berbudi tinggi, berakhlak mulia”. Hal ini didukung sabda Rasul yang artinya : “ sesungguhnya aku Muhammad diutus ke atas bumi ini untuk menyempurnakan akhlak manusia”.
  2. Pembangunan Kecerdasan Majemuk, mengacu pada prinsip bahwa setiap anak cerdas. Kecerdasan yang dimiliki setiap anak itu berbeda-beda, untuk itulah perlu pengembangan kecerdasan pada setiap individu.
  3. Pembelajaran Bermakna, mengacu pada sebuah proses. Untuk mengembangkan kecerdasan berganda serta menanamkan perilaku atau pembangunan watak, kepribadian dan moral perlu pembelajaran bermakna. Pembelajaran yang dapat memberikan nilai manfaat untuk menyiapkan kemandirian anak.

Agar tercapai semua harapan menjadi sekolah yang berkarakter, maka ada kontrol, evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Hal ini dilakukan agar segala upaya sesuai dengan scenario yang ada. Jika ada permasalahan dalam proses, dapat segera diatasi.

Tak lupa kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan serta kerjasama para orang tua/wali  yang sudah mempercayakan putrai/putrinya untuk di didik di Global Insani Islamic School dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan selama pendidikan berlangsung di lembaga kami.

Akhirnya, kami juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Anda yang telah berkenan mengunjungi dan berpartisipasi aktif terhadap website kami.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Bekasi, Juni 2011

Dr. H. Supanji, SE, MM.
Direktur GIIS