Penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2019-2020

PANDUAN PENERIMAAN SISWA BARU (PSB)
GLOBAL INSANI ISLAMIC SCHOOL PG/TK/SD/SMP
TAHUN AJARAN 2019-2020

 INFORMASI UMUM

Informasi Pendaftaran

  • Panitia PSB
  • Kepala sekolah  (untuk informasi lebih lanjut)

Waktu Pendaftaran

  • Pembelian formulir serentak dibuka mulai tanggal 1 Oktober 2018, sampai quota terpenuhi
  • Jam kerja Senin s/d Jum’at            : 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Sabtu                                                    : 08.00 s/d 12.00 WIB

 

Tempat Pendaftaran

 GLOBAL INSANI ISLAMIC SCHOOL ( GIIS)

Jl. Duta Bumi Raya No 1 Harapan Indah – Medan Satria – Kota BekasiTelp.       (021) 8838 6255, Fax. (021) 8838 6255021 , 08990962007 (Azwar), 081808082179 (TK), 085317111102, 0878889091510 (SD), 081318867148 (SMP), 08128112100 (GIIS Mutiara Gading City)

E-mail : info@giis.sch.id,     Website : www.giis.sch.id

JENJANG PENDIDIKAN

Jenjang Persyaratan Usia Toleransi Usia * Keterangan
PG 2  tahun di 15 Juli 2019 tahun di 15 Desember 2019 Perbandingan guru:siswa 1:10
TK A 4 tahun di 15 Juli 2019 4 tahun di 15 Desember 2019 Perbandingan guru:siswa 1:10
TK B 5 tahun di 15 Juli 2019 5 tahun di 15 Desember 2019 Perbandingan guru:siswa 1:10
SD 6 tahun di 15 Juli 2018 6 tahun di 15 Desember 2019 Max 25 siswa per kelas

( Didampingi 2 Guru )

SMP Lulus SD Lulus SD Max 28 siswa per kelas
  • Bagi yang lahir setelah 15 Desember akan dilakukan observasi khusus untuk melihat kesiapan dan keputusan final sepenuhnya ada di pihak Sekolah
  1. PROSES PENDAFTARAN
  2. Pembelian formulir
  • Membayar biaya pendaftaran :
    • TK      : Rp 350.000
    • SD      : Rp 350.000
    • SMP   : Rp 350.000
  • Mempelajari proses pendaftaran yang tercantum pada panduan pendaftaran
  • Penentuan jadwal observasi sekaligus interview orangtua

  Pengembalian Formulir

Mengembalikan formulir yang sudah diisi lengkap dengan melampirkan:

  1. foto copy akte kelahiran
  2. foto copy kartu keluarga
  3. pas foto anak (3x4cm) = 1 Lembar
  4. Pas foto 4R = 2 Lembar (khusus KB/TK)
  5. foto copy rapot untuk calon siswa SD/SMP
  6. foto copy ijazah diberikan saat masuk sekolah untuk calon siswa SMP
  7. menyerahkan medical record dari dokter keluarga bagi yang mempunyai masalah kesehatan.
  8. Surat keterangan bebas Narkotika dari dokter (untuk Lulusan SD luar GIIS).
  9. untuk pindahan lihat lampiran terakhir.

III. Observasi /psikotest dan pengukuran kemampuan akademik dasar

Observasi/Psikotes dan pengukuran akademik dasar bertujuan untuk mengetahui kesiapan calon siswa dalam mengikuti proses kegiatan sosial ataupun belajar mengajar di Global Insani Islamic School.

Calon siswa TK

  • Setiap calon siswa wajib mengikuti observasi
  • Jika diperlukan calon siswa diminta mengikuti observasi lanjutan dan/test psikologi yang jadwalnya akan ditentukan kemudian dengan biaya sendiri .
  • Observasi / test psikologi bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti proses belajar di GIIS
  • Materi observasi / test psikologi disesuaikan dengan level yang akan dimasuki
  • Apabila calon siswa berhalangan hadir pada jadwal yang ditentukan, mohon segera menghubungi sekretariat PSB untuk dijadwalkan ulang

Calon siswa SD/SMP

  • Setiap calon siswa wajib mengikuti pengukuran kemampuan akademik dasar, psikotes, dan pengetahuan agama islam.
  • Pengukuran kemampuan akademik dasar meliputi Matematika , Bahasa indonesia , English, dan Hijaiyah.
  • Psikotes dilakukan oleh tim psikologi Global Insani Islamic School
  • Pengukuran pengetahuan agama islam meliputi baca Al Quran, hafalan surat pendek, hafalan doa sehari-hari dan bacaan shalat (untuk SMP)
  • Jika dalam proses psikotes ditemukan indikasi ananda membutuhkan perhatian khusus, sekolah akan merujuk ananda untuk melakukan observasi lanjutan di Divisi PsikologiGlobal Insani Islamic School dengan biaya sendiri
  • Apabila calon siswa berhalangan hadir pada jadwal test yang ditentukan, mohon segera menghubungi sekretaris PSB untuk dijadwalkan ulang

 

IV. Interview Orangtua

  • Interview orangtua merupakan pengenalan tahap awal orangtua terhadap Global Insani Islamic School dan sebaliknya. Namun Interview ini juga merupakan bagian dari proses PSB secara keseluruhan. Kesepahaman antara pihak orangtua dan pihak sekolah atau sebaliknya merupakan dasar untuk kelanjutan Proses penerimaan calon siswa baru Global Insani Islamic School .
    Setiap orangtua calon siswa wajib mengikuti wawancara yang waktunya bersamaan dengan jadwal Psikotes dan pengukuran pengetahuan calon siswa.
  • Jadwal Psikotes, Pengukuran Akademik Dasar Dan Wawancara *
No Waktu TK SD SMP
1 Gelombang I Setiap Saat

Senin, Rabu dan Jum’at

19 Januari 2019 26 Januari 2019
2 Gelombang II 30  Maret 2019 Tentatif kuota
3 Gelombang III Tentatif kuota Tentatif kuota
  • jadwal dapat berubah jika kuota peserta sudah mencapai batas maksimum (40 anak), atau kondisi lain, dan akan di informasikan lewat sms atau telepon.
  1. Penentuan penerimaan calon siswa baru
  • TK :

Keputusan hasil penerimaan  sesaat setelah ananda di observasi dan wawancara dengan orangtua usai. Orangtua akan mendapat surat keterangan dapat melanjutkan proses atau tidak dari penanggung jawab observasi

  • SD dan SMP :

Keputusan hasil penerimaan dapat diberikan maksimal satu minggu setelah observasi dan wawancara berlangsung.

Note :

  • Hasil penerimaan sebaiknya di ambil oleh Wali siswa langsung.
  • Bagi calon siswa yang tidak lolos test gelombang I akan di beri kesempatan mengulang pada gelombang III, dan tidak berlaku pengulangan bagi gelombang II dan III.
  1. Daftar ulang
  • Calon Siswa mendaftar ulang setelah menerima hasil penerimaan.
  • Proses pendaftaran ulang di bagian Administrasi PSB dengan Menunjukkan bukti kelulusan dan membayar angsuran BPP, selambat-lambatnya 1 Pekan setelah pengumuman
  • Bagi orangtua yang tidak melakukan proses ini, kami anggap mengundurkan diri

V. Pengukuran Seragam

  • Pengukuran seragam dilaksanakan setelah dinyatakan diterima menjadi siswa Global Insani Islamic School berdasarkan hasil observasi dan interview, serta sudah tercatat sebagai pendaftar ulang di bagian administrasi.
  • Bagi siswa yang mendaftar ulang dan mengukur baju setelah gelombang III, maka akan di berikan bahan untuk di jahit sendiri.
  1. Untuk kasus dan/ atau melalui perjanjian khusus
  • Orang tua calon siswa baru dapat menghubungi bag keuangan GIIS, dan mengadakan kesepakatan di atas materei.
  • Orangtua akan mendapatkan rincian biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan waktu pembayaran yang dipilih
  • Apabila realisasi pembayaran melewati ”Batas Pembayaran” yang sudah disepakati maka hal ini akan mengubah jumlah uang masuk yang harus dibayar.
  • Jika dalam waktu yang ditetapkan belum melakukan pembayaran, maka kami menganggap calon siswa mengundurkan diri dari proses pendaftaran dan posisinya dapat digantikan pendaftar lain
  • Calon siswa baru dapat melanjutkan proses pendaftaran kembali jika tempat masih memungkinkan

VI. Proses Pembayaran:

  1. Melalui Bank Tabungan Negara/BTN KCP Hrapan Indah Rek. 00379-01-30-000174.5, an. SEKOLAH GLOBAL INSANI  

Menyerahkan bukti transfer asli ke sekolah paling lambat 5 hari setelah pembayaran jika pembayaran dilakukan melalui bank

  1. Pembayaran Secara tunai ke bagian keuangan sekolah
  2. Ketentuan Pengembalian Uang BPP:

Apabila calon siswa mengundurkan diri dengan alasan apapun, maka seluruh uang yang sudah di setor tidak dapat di kembalikan.

 LAIN-LAIN:

Pengambilan Seragam dan Buku

Jadwal pengambilan seragam dan buku pelajaran akan kami tentukan kemudian melalui telpon, selambat-lambatnya 2 (dua) minggu menjelang tahun ajaran dimulai

 Open House (Perkenalan Orang Tua Siswa Baru dengan jajaran sekolah)

Jadwal Open House internal akan ditentukan kemudian.

 

Awal Tahun Ajaran

Awal tahun ajaran jatuh pada tanggal 15 Juli 2019.

Persyaratan Bagi Siswa Pindahan

·        surat keterangan pindah dari Sekolah Asal

·        Foto copy Raport ( Semua )

·        Format 8355 (berisi data siswa satu kelas)

·        Foto copy kartu NISN

·        Surat validasi dari Dinas Pendidikan Kota / Kab Sekolah asal

·        Surat Keterangan Kelakuan Baik ( SKKB )

·        Surat permohonan untuk menjadi peserta didik

 

 

F. Contact PSB

(021) 8838 6255, Fax. (021) 8838 6255021 , 08990962007 (Azwar), 081808082179 (TK), 085317111102, 0878889091510 (SD), 081318867148 (SMP), 08128112100 (GIIS Mutiara Gading City)